Skip to main content

RANCANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK SD


LENI MARLINA, S.Pd.M.Pd GURU SDN PERIUK 4 KOTA TANGERANG


RANCANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK Kelas 5 Tema 9 ST1 PB4


April 19,  2020

Selamat datang di BLOG saya, Perkenalkan nama saya Leni Marlina, S.Pd.M.Pd Guru Kelas 5A di UPT SDN Periuk 4 Kota Tangerang, Siswa-siswi biasa memanggil saya Bu guru LINA.
Sebagai seorang guru harus memiliki kemampuan lebih untuk meningkatkan kreatifitas diri dalam mengajar supaya siswa tidak bosan dalam Pembelajaran Jarak Jauh sistem Online (daring ) Pada saat sekarang ini dikarenakan sudah mewabahnya Covid 19 di Indonesia maka Pemerintah menetapkan bahwa siswa harus belajar di rumah, maka saya mengajarkan siswa dengan berbagai macam Pembelajaran Online seperti Google Form, Quizizz, WAG, FB dll..

ini adalah rancangan pembelajaran satu kali pertemuan Pembelajaran Online Untuk Kelas 5 SD dengan materi Pembelajaran sebagai berikut :

Tema                     :  9  Benda-Benda di Sekitar Kita
Subtema                :  1. Benda Tunggal dan Campuran
Pembelajaran ke   :  4
Fokus Pemb          : IPS (KD 3.1 dan 4.1)  PKn (KD 3.4 dan 4.4)


1.  TUJUAN PEMBELAJARAN

  1.   .Dengan kegiatan mengamati gambar dan menonton Video kenampakan alam,    siswa dapat menyebutkan kenampakan alam pada gambar secara tepat.
  2.   . Dengan kegiatan mendiskusikan kenampakan alam wilayah daratan dan perairan, siswa dapat menyebutkan kenampakan alam wilayah daratan dan perairan beserta ciri-cirinya dengan benar.  
  3.     Dengan kegiatan mengerjakan latihan menjawab soal mengenai hidup rukun, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kehidupan bermasyarakat dengan benar.


2. MATERI PEMBELAJARAN
    a. Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Perairan
    b. Manfaat Hidup Rukun

3. VIDEO PEMBELAJARAN
                        
                       IPS kls 5  Ciri-ciri Kenampakan Alam Wilayah Daratan Dan Perairan



PKN kelas 5 Manfaat Hidup Rukun



4. Evaluasi Soal Online


    a. Pelajaran PKn Tema 9 ST1 PB 4 melalui Quizizz

 
         


b. Pelajaran IPS Tema 9 ST1 PB4 melalui Google Form
       5. Penutup

            1. Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
·      Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
·      Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
3. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
4. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua yaitu: meminta orang tua untuk
    menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah 
    lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
5. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
6. Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan  kelas.
7. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.

Comments

Popular posts from this blog

Koneksi Antar Materi Modul 3.1.a.8 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

 Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh Tujuan Pembelajaran Khusus 1. CGP Membuat Kesimpulan (sintesis) dari keseluruhan materi yang didapat, dengan beraneka cara dan media 2. CGP dapat melakukan refleksi bersama fasilitator untuk mengambil makna dari pengalaman belajar dan mengadakan metakognisi terhadap proses pengambilan keputusan yang telah mereka lalui dan menggunakan pemahaman barunya untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan yang dilakukannya. Salam dan Bahagia bapak Ibu guru hebat di seluruh Indonesia. Pada kesempatan ini saya akan menuliskan koneksi antar materi pada modul 3.1.a.8 tentang pengambilan keputusan yang berbasis nilai-nilai sebagai pemimpin. Tulisan ini berupa rangkuman dan kesimpulan materi pembelajaran modul 3.1 dengan modul-modul sebelumnya, yaitu Filosofi Ki Hajar Dewantara, nilai-nilai dan peran guru penggerak, visi guru penggerak, budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran sosial emosional, dan coaching untuk supervisi akademik. “ M